Bersama Kita Membangun Bonapasogit

Minggu, 11 Mei 2008

Toluto dan Frans Sihombing “Akrab” Tapi “Pekong”


Usai melakukan pencoblosan Pilgubsu 2008 di TPS 7 kompleks RSUD Swadana Tarutung (kamis16/04) sekitar pukul 09.30 WIB, Bupati Taput Torang Lumbantobing (Toluto) beserta istri Elly br Manalu bersama rombongan kemudian melakukan peninjauan langsung proses pemungutan suara ke beberapa TPS yang ada di kecamatan Tarutung, kecamatan Siatasbarita dan kecamatan Siborong-borong kabupaten Tapanuli Utara.

Berangkat dari rumah Dinas Bupati, turut bersama rombongan yakni Ketua KPUD Taput Janpiter Lumbantoruan, Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH MBA, Kapolres Taput AKBP Edy Napitupulu, Sekdakab Taput Sanggam Hutagalung MM, Sekretaris KPUD Taput Janter Sinaga, Camat Tarutung Drs Tobok Lumbantobing, Kakan Kesbang Taput BP Siahaan MM, Kabag Humin Taput Drs Pestalen Pasaribu dan rekan-rekan Jurnalis.

Setelah mengunjungi beberapa TPS yang ada di Kecamatan Tarutung, rombongan Bupati Toluto tiba di TPS 2 kecamatan Siatasbarita. Selain disambut oleh Camat Siatasbarita Humisar Silalahi, kedatangan rombongan Bupati Toluto ternyata juga disambut langsung oleh Wakil Bupati Taput Frans Sihombing MM yang tengah berada di lokasi TPS sebelum rombongan tiba. Sambutan hangat yang penuh keakraban oleh Frans Sihombing MM buat Toluto terlihat dengan jabat tangan yang erat dan pelukan akrab, yang kemudian mempersilakan dengan hormat.

Beberapa saat kemudian Toluto dan Frans tampak asyik berbincang–bincang di halaman lokasi TPS bersama dengan Kapolres Taput AKBP Edy Napitupulu dan Sekdakab Taput Sanggam Hutagalung MM.

Namun hanya beberapa menit saja keakraban itu dipertontonkan kedua figur pemimpin di Taput tersebut, rombongan Bupati langsung bergegas meninggalkan lokasi TPS untuk melanjutkan tinjauannya ke Kecamatan Siborong-borong. Anehnya, Wakil Bupati Frans Sihombing MM tidak turut bergabung bersama rombongan Bupati Toluto bergerak menuju Siborong-borong.

Pertemuan singkat ini seakan-akan dapat menggambarkan bagaimana sebenarnya keharmonisan hubungan yang selama ini terjalin dari kedua figur pemimpin di Kabupaten Tapanuli Utara ini, Toluto sebagai Bupati dan Frans Sihombing MM sebagai Wakilnya.

Di kalangan masyarakat Taput, tersiar isu bahwa hubungan antara Toluto dan Frans kabarnya tidak begitu harmonis lagi dalam kurun waktu belakangan ini. Apalagi menjelang berakhirnya masa jabatan keduanya.

Namun seperti yang pernah diberitakan di media, bahwa Toluto dan Frans Sihombing dikabarkan tengah Pecah-Kongsi alias “Pekong”, dalam menjelang Pilkada Taput akhir Oktober mendatang.

Seiring dengan memanasnya suhu politik jelang Pilkada Taput, Frans Sihombing MM yang sekarang masih menjabat sebagai wakil bupati Taput hampir dipastikan akan kembali mencalonkan diri menjadi wakil bupati Taput periode 2008-2013, namun berpasangan dengan Samsul Sianturi SH sebagai Calon Bupatinya.

Sedangkan Toluto sendiri, juga diperkirakan akan ikut mencalonkan diri sebagai kandidat Bupati pada Pilkada Taput Oktober nanti. Itu terlihat dari banyaknya kelompok-kelompok marga dan elemen masyarakat di Taput yang telah menyatakan dukungan bagi Toluto untuk maju sebagai calon bupati Taput periode 2008-2013. Namun kecil kemungkinannya bahwa Toluto dan Frans akan maju bersama sebagai kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati seperti dahulu yang sama-sama berjuang.
Kini sepertinya prinsip maupun jalan politik keduanya tidak seiring lagi seperti dulu, kira-kira seperti syair lagu “ Ku coba bertahan mendamping dirimu, walau kadang kala tak seiring jalan. Kucari dan selalu kucari Jalan terbaik, agar tiada penyesalan dan air mata”. Syair lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi kawakan Pance Pondang ini seolah menjadi cerminan keharmonisan “Toluto dan Frans” (Marihot Simamora/Wartawan Nasional Pos)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda